HeadlinesPilihanEditor

RSD Balung Turut Gencarkan Vaksinasi di Pedesaan

JEMBER, suaratimuronline.com – Vaksinasi di Jember terus digencarkan oleh berbagai pihak di Jember. Termasuk Rumah Sakit Daerah Balung juga menggencarkan vaksinasi di wilayah sekitar yang belum lama ini menggelar vaksinasi di Desa Balung Lor Kecamatan Balung. Plt Direktur RSD Balung dr Andre Kusuma menyampaikan, sesuai dengan instruksi Bupati Jember Hendy Siswanto, pihak rumah sakit daerah diminta untuk turut menggencarkan vaksinasi di lokasi setempat terutama di daerah pinggiran. “Vaksinasi beberapa sudah kita gelar di Desa Balung Lor berlokasi di Kantor Desa dengan quota hampir 2 ribu dengan jenis vaksin Pfizer dosis 1,” terang Dirut RSD Balung, dr Andre Kusuma.

Berdasarkan jadwal vaksinasi yang telah digelar antara lain di halaman Masjid Jamik Daarul Muttaqin Balung, Desa Balung Lor, Gudang Tembakau Balung, Pasar Balung, serta Balai Desa Gumelar Kecamatan Balung. Dia menambahkan, untuk memberikan pengertian vaksinasi warga pedesaan agar familiar dengan maka pihak rumah sakit juga memberikan souvenir cantik bagi 10 pendaftar pertama. Pendaftaran vaksinasi gratis bagi warga tersebut juga mudah yakni datang ke lokasi dengan hanya membawa copy KTP atau Kartu Keluarga dan dalam kndisi sehat serta membawa bolpoin. Vaksinasi yang digelar tersebut agar terhindar dari covid19, maka dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat yakni peserta maupun vaksinator disiplin menggunakan masker serta menjaga jarak. “Alhamdulilah vaksinasi di Balung yang kita gelar berjalan lancar,” katanya.

Selanjutnya, pada pekan depan pihak RSD Balung juga masih menggelar vaksinasi dengan sisa quota yang ada yakni sekitar 750 dosis 1. Vaksinasi yang digelar lanjutan itu nantinya diharapkan bisa menggandengn stakeholder setempat sertaa berbagai komunitas agar bisa tercipta kekebalan warga terhadap pandemi covid19.

Menurut warga Balung, Minto Setyo Wahono, vaksinasi yang digelar RSD Balung ini sangat diharapkan oleh masyarakat. “Kita ingin vaksinasi yang digelar RSD Balung ini bisa dilaksanakan lebih luas lagi bisa menjangkau masyarakat yang belum tervaksinasi. Vaksinasi itu juga sekaligus mengenalkan kepada warga bahwa rumah sakit daerah ini sudah berbenah lebih baik dan bermanfaat bagi warga sekitar,” ujar Minto.

Hingga saat ini Kabupaten Jember capaian vaksinasi dosis 1 sudah lebih 50 persen atau sejumlah 1.010.368 orang. Namun cakupan vaksinasi untuk lansia masih rendah masih 27,05 persen atau sebanyak 75.741 orang, yang seharusnya tercapai 40 persen dan dosis 2 sebanyak 8.08 persen atau 22.625 orang. Sedangkan capaian vaksinasi dosis 2 masih 16,56 persen yakni 331.177 orang. Untuk dosis 3 tercapai 7.223 (102,21%), dan itu pun hanya diperuntukkan tenaga kesehatan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker