HeadlinesKriminalPilihanEditor

Ngaku Anak Kyai, Ternyata Nipu Beli HP, Warga Sumberjambe Diamankan Polisi

JEMBER, suaratimuronline.com – Awas, transaksi COD (Cash on Delivery) saat menjalankan bisnis online, belum memberikan jaminan terhadap aksi penipuan, nasib apes ini dialami oleh Hairul (21) warga Prajekan Bondowoso saat bertemu dengan HSP (19) warga Desa Plerean Sumberjambe Jember yang juga calon pembelinya.

Menurut Kapolsek Sukowono AKP. Subagio SH, dari pemeriksaan terhadap pelaku dan korban, peristiwa ini terjadi saat korban Hairul menawarkan sebuah Handphone merek Oppo Reno 6 di marketplace facebook dengan harga Rp. 5,3 juta.

Saat itu pelaku menawar barang yang ditawarkan korban melalui marketplace, kemudian antara korban dan pelaku menyepakati untuk bertemu di Dusun Sumbergayam Desa Baletbaru Sukowono Jember, tepatnya di depan Pondok Pesantren Nurul Qurnain.

“Saat pelaku dan korban bertemu, pelaku mengaku sebagai anak dari pengasuh pondok pesantren setempat, kemudian pelaku bilang ke korban untuk menunjukkan Handphone yang ingin di belinya ke orang tuanya,” ujar Kapolsek.

Korban pun percaya dengan perkataan pelaku, terlebih transaksi di lakukan di depan pondok pesantren dan banyak santri berlalu lalang, namun rupanya pengakuan pelaku sebagai anak seorang Kyai hanya modus, bukannya kembali ke korban untuk membayar harga handphone tersebut, pelaku justru melarikan diri dengan mengendarai sepeda motor.

Sadar menjadi sudah ditipu, korban pun melaporkan pelaku ke Mapolsek Sukowono. “Saat anggota kami melakukan penyelidikan, kami berhasil mengamankan pelaku, beruntung handphone milik korban belum dijual, sehingga pelaku kami amankan bersama barang bukti handphone dan sepeda motor milik pelaku yang digunakan kabur saat transaksi,” beber Kapolsek.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 sub 372 KUHP. “Pelaku kami jerat dengan pasal pasal 378 sub 372 KUHP, ancaman penjaranya maksimal 4 tahun,” pungkas Kapolsek. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker