BirokrasiHeadlinesPilihanEditor

Edukasi Anak Usia Dini, Giat Go Green dilaksanakan di Bumdes

JEMBER, suaratimuronline.com – Guna membiasakan anak menerapkan pola hidup bersih dan sehat, Kamis (4/8/2022) Pemerintah Desa Semboro Kecamatan Semboro Jember menggelar kegiatan Go Green dengan melibatkan ratusan anak usia dini dari 26 lembaga PAUD yang tergabung dalam HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini) se kecamatan Semboro.

Antoni selaku Kepala Desa Semboro , kepada wartawan mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan edukasi untuk anak-anak usia dini, dimana secara kebetulan Desa Semboro memiliki pengelolaan Bank Sampah yang dilakukan oleh Bumdes Amertha Desa Semboro, dengan harapan anak-anak dikenalkan bagaimana mengelola sampah sejak dini.

“Kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada anak usia dini tentang bagaimana membiasakan pola hidup sehat, selain itu, kami juga mengenalkan kepada anak-anak bagaimana penanganan masalah sampah dan pengolahannya, kebetulan Bumdes desa kami memiliki bank sampah,” ujar Antoni.

Antoni juga menjelaskan, bahwa Bank sampah yang dikelola oleh Bumdes Amertha memiliki ukuran 3 x 10 meter, dimana bank sampah ini mampu memenuhi 10 ribu lebih warga Desa Semboro yang terbagi dalam 3 dusun.

“Bank sampah di Bumdes kami memiliki ukuran 3 x 10 meter yang digunakan oleh 10 ribu lebih warga desa kami, untuk pengoperasioannya, kami menyiapkan 2 armada khusus sampah dan berkoordinasi dengan RT dan RW dalam penjadwalan pengambilan sampah, untuk selanjutnya dipilah antara sampah yang bisa dimanfaatkan kembali dan mana yang tidak, untuk selanjutnya disetorkan ke bank sampah,” jelas Antoni.

Sementara Dwy Ambarwati S.Pd, selaku ketua HIMPAUDI Kecamatan Semboro, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa pihaknya sangat bersyukur bisa berkesempatan memberikan edukasi kepada anak-anak dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk dalam penanganan sampah di bank sampah milik Bumdes Amertha.

Menurut Dwy, bank sampah yang ada di Desa Semboro ini merupakan pertama kalinya ada di kecamatan Semboro, dan ini bisa dicontoh oleh lembaga lain, dan terutama kepada anak-anak usia dini.

“Alhamdulillah ini adalah yang pertama di desa Semboro dan di kecamatan Semboro dan mudah-mudahan ini bisa mengedukasi lembaga-lembaga lainnya yang lain juga desa-desa yang lain,” kata ketua Himpaudi.

Tidak hanya itu saja, Dwy Ambarwati juga menyampaikan, jika kegiatan ini adalah cikal bakal mengimplementasi anak dalam hal pola hidup bersih. “Kita Edukasi anak-anak mulai dari sejak dini nah kenapa kita harus membiasakan anak-anak untuk hidup secara sehat itu memang dimulai dari kita dan anak usia dini dan di situ nanti supaya anak-anak bisa terbiasa dengan polah hidup sehat,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button