HeadlinesPendidikanPilihanEditor

Asah Kemampuan Publishing, Tim Media Pon Pes Mukhtar Syafaat Belajar Desain Grafis

BANYUWANGI, suaratimuronline.com – Tim Media dari Pondok Pesantren Mukhtar Syafaat Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi yang terdiri dari 5 santri putra dan 3 santri putri, Sabtu (25/9/2022) menggelar kegiatan pelatihan Desain Grafis, pelatihan ini sendiri untuk menambah keahlian tim media dalam bidang seni editing foto.

“Untuk tahap pertama, kami memberikan pelatihan desain grafis untuk tim media, karena tugas dari tim media selain melakukan dokumentasi setiap kegiatan pondok pesantren, juga membuat editing foto maupun vidio untuk dipublikasikan ke masyarakat umum, sehingga tim media harus benar benar ahli dibidangnya,” ujar Habib selaku ketua Tim Media.

Selain belajar desain grafis, kedepan tim media juga akan di upgrade kemampuannya dibidang jurnalistik, agar bisa menyampaikan informasi kegiatan pondok pesantren ke wali santri maupun masyarakat dengan bahasa yang lebih fleksibel dan mudah dipahami masyarakat umum.

“Nanti setelah selesai pelatihan desain grafis, tim media juga akan belajar tentang ilmu jurnalistik, hal ini berkaitan dengan tanggung jawabnya sebagai tim yang harus menginfornasikan kepada wali santri dan masyarakat dalam setiap kegiatan pesantren, dengan bahasa tulisan yang mudah dipahami,” beber Habib.

Sementata KH. Khotibul Umam selaku dewan pengasuh Pondok Pesantren Mukhtar Syafaat, dalam kesempatan lain menyampaikan, bahwa santri juga perlu bekal ketrampilan dan keahlian selain kewajibannya menuntut ilmu agama.

Hal ini diberikan, agar saat santri kembali ke masyarakat, mereka tidak hanya ahli dalam ilmu agama, taoi juga memiliki keahlian dan ketrampilan dibidang lainnya.

“Ketrampilan dan keahlian untuk santri itu sangat penting juga, sehingga ketika mereka kembali masyarakat, mereka sudah siap, hal ini juga untuk menghapus stigma jika alumni sebuah pesantren hanya bisa mengaji tapi tidak mempunyai skill maupun ketrampilan yang memadai,” pungkas Gus Umam panggilan akrab KH. Khotibul Umam.

Dalam pelatihan desain grafis ini sendiri, dibimbing langsung oleh M. Ali Makrus dari Jember, dimana yang bersangkutan adalah mantan lay outer atau desin grafis koran Harian Memo Timur, Koran Harian Memo Arema dan koran Mingguan Baratha Post. (*)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker